Ini Dia 7 Keuntungan dari Hobi Memasak


 Memasak adalah salah satu aktivitas dari sekian banyak rutinitas harian ibu rumah tangga. Meski sebagian orang merasa memasak adalah kegiatan yang membosankan, tapi bagi saya, memasak itu sangat mengasyikan. 

Memasak itu kegiatan yang sulit dilakukan, rumit, ga asyik, dan lain-lain ... 

Ah, itu, sih, perasaan Bunda aja kali, Bun. 

Bunda pasti akan mengubah tanggapan, kemudian beralih untuk bilang, 'ternyata memasak itu menyenangkan. Emang boleh se-menyenangkan itu?' 

Setelah membaca ulasan di Zyas Corner ini hingga selesai, semoga Bunda tergerak dan memantapkan hati untuk mulai memasuki dapur, berinteraksi dengan semua peralatan dapur, semangat menciptakan masakan andalan Bunda, dan Bunda nyaman berada berlama-lama di sana. 

Yuk, mari kita buktikan. 


Keuntungan Hobi Memasak

Jika Bunda betah di dapur, senang ngoprek resep masakan, menciptakan menu baru, dan banyak lagi aktivitas dapur lainnya.

 Cakeppp

Bunda sudah berada di jalur yang tepat.  Jangan ditinggalkan, teruslah melakukannya, Bun. 

Karena dari hobi memasak yang Bunda lakukan ternyata mendatangkan banyak keuntungan, loh. 

Aktivitas memasak ibu dan anak di rumah




Menghilangkan Stres Ibu Rumah Tangga 

Memasak dapat menghilangkan stres, memangnya bisa? 

Tentu saja bisa, dong. Dikutif dari Health indozone hobi memasak bisa mengalirkan emosi yang positif, meredakan stres dan mendatangkan kepuasan. 

Dengan memasak Bunda bisa mengurangi beban yang menyita pikiran. Mengurangi stres dan bahagia sejenak. Memasak adalah salah satu stress release yang sangat efektif untuk ibu rumah tangga. 

Baca juga: 7 Aktivitas Seru Bikin IRT Jauh dari Stres


Menghemat Pengeluaran 

Dengan memasak sendiri di rumah, Bunda tentu dapat memangkas pengeluaran untuk makanan. Yang biasanya beli masakan matang untuk sarapan, pesan makan siang atau jajan di luar saat makan malam, kini tidak lagi. Masakan Bunda yang lezat telah terhidang di atas meja makan. Dan pastinya lebih enak dan bergizi membuat semua orang betah makan masakan Bunda. 

Memasak sendiri di rumah akan menghemat pengeluaran




Menjadi Lebih Kreatif

Hobi memasak menjadikan Bunda lebih kreatif di dapur. Bunda akan sering mencoba dan menciptakan resep baru. Apalagi jika anak-anak dan pasangan memberikan respon positif, hal ini membuat Bunda makin semangat di dapur. 

Kapan saja waktu Bunda memasak di dapur? 

Bisa dimulai saat menyiapkan sarapan. Siapkan hidangan yang simpel namun kaya nutrisi, karena sarapan menentukan hepi tidaknya hari yang dihadapi seluruh anggota keluarga. Sarapan yang menggugah selera tentu akan lahap dinikmati sehingga mereka siap menghadapi hari baru. 

Lalu Bunda bisa mulai menyiapkan makan siang jika anggota keluarga ada yang pulang di jam makan siang. Makan siang akan mengembalikan energi yang terpakai dari pagi hingga siang hari. Masaklah hidangan yang kaya kalori dan nutrisi seimbang. 

Nah, untuk makan malam Bunda bisa menyiapkan kudapan sehat. Seperti kacang-kacangan, buah-buahan dan yoghurt. Jika ingin makan berat, boleh saja. Namun tetap mengontrol asupan nutrisi ya, Bun. 

Baca juga: Awali Hari dengan Sarapan Bergizi


Asupan Gizi Keluarga Menjadi Lebih Terkontrol

Dengan rajin memasak, Bunda pun dapat mengatur sendiri asupan gizi untuk keluarga. Menjaga asupan nutrisi yang mana yang lebih banyak dibutuhkan dan mana yang harus dikontrol kebutuhannya. Menyusun menu harian sesuai kebutuhan nutrisi keluarga menjadikan seluruh anggota keluarga sehat sepanjang waktu. 

Masak sendiri di rumah, asupan gizi keluarga lebih terkontrol




Keluarga Tidak Sering Jajan di Luar 

Anak-anak yang sering memakan masakan ibunya akan jarang jajan di luar. Karena lidah mereka sudah terbiasa dengan masakan ibu sehingga mereka akan berpikir dua kali jika mencicip masakan dari tempat lain. Akan butuh adaptasi jika mereka memakan jajanan di luar. Apalagi jajanan di luar belum pasti sehat dan bergizi. 

Dengan seringnya makan bersama tentu akan mengeratkan bonding antara orang tua dan anak. Terutama ibu dan anak perempuannya, bonding terjalin kuat jika mereka selalu bersama di dapur. 

Baca juga : Aktivitas Mengeratkan Bonding Orang Tua dan Anak Remaja


Ibu Rumah Tangga Menjadi Lebih Mandiri 

Dengan memasak di rumah, menyiapkan menu untuk keluarga tersayang. Bunda dapat mengatur sendiri apa yang akan dimasak, kapan waktu memasak, dan siapa saja yang memakannya. Jadi Bunda tidak perlu lagi bergantung pada masakan warung Padang. Haha. 

Ibu rumah tangga yang mandiri 



Menambah Pendapatan 

Bunda yang telah hobi memasak sejak lama, tentu memiliki koleksi resep masakan yang melimpah. Bunda bisa membuka katering kecil-kecilan di rumah. Bunda juga bisa memulai usaha menu bekal sehat untuk anak sekolah. Atau memulai katering sehat untuk yang sedang diet. Bisa juga Bunda membuka open po untuk masakan tertentu.

 Misalnya teman-teman Bunda menyukai masakan yang Bunda bawa saat kopdar. Dan mereka akhirnya meminta Bunda untuk membawanya lagi di pertemuan berikutnya. Tentu saja ini bisa menjadi peluang bisnis untuk ibu rumah tangga. 

Baca juga : 5 Aktivitas Produktif Ibu Rumah Tangga


Demikianlah beberapa keuntungan dari hobi memasak. Bunda terhindar dari stres, bisa menjaga kesehatan keluarga karena bisa mengontrol asupan gizinya, menjadi lebih kreatif karena mengulik banyak resep masakan. 

Yang paling membahagiakan tentunya anak tidak sering jajan di luar pastinya. Ibu juga menjadi lebih mandiri, bisa berhemat juga menambah penghasilan. 

Kreativitas tanpa batas yang Bunda lakukan akhirnya mendapatkan hasil, pendapatan meningkat, relasi pun bertambah. Alhamdulilah. 

Tunggu apa lagi. Yuk, rajin ke dapur dan mulailah memasak sekarang juga.*** 


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara Mudah Menyimpan Jengkol Agar Lebih Awet

Senantiasa Memurnikan Cinta

Aneka Kreasi Olahan Sandung Lamur